Program Studi Diploma 3 Perhotelan merupakan salah satu program studi di Jurusan Pariwisata. Tujuan dari pendidikan pada program studi ini adalah menyiapkan mahasiswa menjadi sumber dya kompeten di bidang perhotelan. Mahasiswa diberikan mata kuliah teori dan praktik kompetensi perhotelan, seperti: memproduksi berbagai jenis masakan nasional maupun internasional (food production), penanganan operasional restoran (food & beverages service), menangani dan menata kamar hotel (housekeeping), laundry, merencanakan dan menyelenggarakan MICE, operasional front office, pembelian dan penyimpanan barang hotel (purchasing & storing), marketing, accounting, sehingga mampu memenuhi kualifikasi kompetensi tenaga kerja hotel berbintang. Untuk praktik Program Studi Perhotelan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti: Lab Kitchen, Lab Bar & Restaurant, Lab Hotel dengan 22 kamar dengan tipe suites, de-lux, dan superior yang dilengkapi dengan meeting room. Lab Hotel berstatus sebagai hotel training, artinya di samping digunakan sebagai hotel praktik bagi mahasiswa juga digunakan dikomersialkan.

PROFIL LULUSAN

Mampu menjadi teknisi ahli madya pariwisata yang mampu melakukan pekerjaan di bidang perhotelan pada perusahaan hotel dan/atau restoran yang sesuai dengan standar dan prinsip‐prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang perhotelan, melalui komunikasi dalam bahasa internasional, proses penganalisisan usaha hotel/ restoran mulai dari reservation, reception, telephone operator, housekeeping, F&B production, F&B service, MICE, maketing, cost controll dengan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi dan keahlian interpersonal

DOSEN & MATA KULIAH DIAMPU

Dosen Program Studi Diploma 3 Perhotelan telah memiliki pendidikan S2/S3. Di samping itu para dosen juga memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidangnya yang menunjukkan keahlian mereka dalam memberikan perkuliahan. Adapun kompetensi yang telah dimiliki oleh para dosen terdiri atas: sertifikat asesor front office, housekeeping, food production, management, keuangan, accounting, ekowisata, bahasa Inngris, bahasa Jepang, K3, TIK, dan MICE

DOSEN

VISI, MISI, & SASARAN

Menjadi program studi pendidikan tinggi vokasi yang menghasilkan lulusan profesional berdaya saing internasional pada bidang perhotelan tahun 2025.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang berkualitas pada bidang perhotelan serta dapat diakses secara merata dan setara bagi masyarakat
  2. Menghasilkan lulusan pada bidang perhotelan yang kompeten, mandiri, inovatif, adaptif, dan mampu bersaing pada tingkat lokal, nasional, dan regional Asia Pasifik tahun 2020.
  3. Menghasilkan lulusan yang handal serta beretika, dalam bidang perhotelan yang berorientasi pada kebutuhan pasar dan berjiwa wirausaha.
  4. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang perhotelan.
  5. Memperluas jaringan kerjasama dengan pemerintah, industri, Perguruan Tinggi lain, asosiasi dan alumni.
  6. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja pada program studi.
  7. Mengembangkan manajemen program studi sebagai bagian dari Jurusan Pariwisata dan Politeknik Negeri Bali yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel

 

TUJUAN PROGRAM STUDI PERHOTELAN

  1. Memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri pada bidang perhotelan.
  2. Memberikan kesempatan yang luas dan setara bagi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan pada bidang perhotelan.
  3. Menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan memiliki daya saing regional Asia-Pasifik.
  4. Tenaga kerja yang berdedikasi tinggi dan berjiwa wirausaha
  5. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang operasional hotel untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan pemerintah, industri, Perguruan Tinggi lain, asosiasi dan alumni.
  7. Meningkatkan lingkungan akademik dan suasana kerja yang kondusif untuk dapat meningkat produktivitas dan kualitas kerja civitas akademika program studi.
  8. Mewujudkan manajemen program studi yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sesuai dengan tuntutan jaman

 

SASARAN PROGRAM STUDI PERHOTELAN

  1. Tersedianya tenaga kerja yang berkualitas pada bidang perhotelan
  2. Adanya kesempatan yang luas dan setara bagi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan pada bidang perhotelan
  3. Tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan memiliki daya saing regional Asia-Pasifik.
  4. Terciptanya lulusan yang berdedikasi tinggi dan berjiwa wirausaha
  5. Terlaksananya penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang perhotelan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  6. Terwujudnya kuantitas dan kualitas kerjasama dengan pemerintah, industri, Perguruan Tinggi lain, asosiasi dan alumni.
  7. Terciptanya lingkungan akademik dan suasana kerja yang kondusif untuk dapat meningkat produktivitas dan kualitas kerja civitas akademika program studi.
  8. Terwujudnya manajemen program studi yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sesuai dengan tuntutan jaman.

 

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI PENDIDIKAN/PENGAJARAN

Pembelajaran bagi mahasiswa PS Perhotelan PNB dilakukan dengan mensinergikan antara teori dan praktik. Perbandingan antara teori dan praktik adalah 43%:57%

MHS PRAKTEK

MHS PRAKTEK 1

MHS PRAKTEK 2

Aktivitas Mahasiswa pada saat praktek di Restoran

PENELITIAN

Penelitian dilakukan para dosen terkait dengan bidang yang diampu sehingga mampu menunjang keahlian dalam mentransfer pengetahun kepada mahasiswa. Adapun hasil peneitian yang dimaksud antara lain: Pengembangan model pembelajaran Tata Hidangan berbasis multimedia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi Perhotelan Politeknik Negeri Bali; Penerapan system GSA dan konvensionalKantor Depan dalam memberikan layanan berkualitas pada hotel berbintang; Excellent Service Di Kantor Depan Hotel Sebagai Strategi Membentuk Loyalitas Konsumen; Ramah lingkungan dari kamar hotel Menggunakan pesan dengan presumed consent untuk mendorong pemakaian linen lebih dari sehari; Pengujian Perangkat Lunak Sistem Penilaian Mahasiswa pada Politeknik Negeri Bali Menggunakan Metode Black Box; The Opportunities and Threats of Balinese Women Working on Cruise Ships; Global-local on Environment Certification at Five Star Hitel in Tourism Area of Nusa Dua Bali; The Marginalization of Local Labor in Interbnational Chain Hotel; Managing Crime and Security Theraets: Towards Sustainable Villa Industry In Badung Regency, Bali; Pembangunan Pariwisata yang Efektif dan Efisien dalam Mengembangkan Pariwisata Provinsi Bali, dll.

PENGABDIAN MASYARAKAT