Program Studi Diploma 3 Perhotelan merupakan salah satu program studi di Jurusan Pariwisata. Tujuan dari pendidikan pada program studi ini adalah menyiapkan mahasiswa menjadi sumber dya kompeten di bidang perhotelan. Mahasiswa diberikan mata kuliah teori dan praktik kompetensi perhotelan, seperti: memproduksi berbagai jenis masakan nasional maupun internasional (food production), penanganan operasional restoran (food & beverages service), menangani dan menata kamar hotel (housekeeping), laundry, merencanakan dan menyelenggarakan MICE, operasional front office, pembelian dan penyimpanan barang hotel (purchasing & storing), marketing, accounting, sehingga mampu memenuhi kualifikasi kompetensi tenaga kerja hotel berbintang. Untuk praktik Program Studi Perhotelan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti: Lab Kitchen, Lab Bar & Restaurant, Lab Hotel dengan 22 kamar dengan tipe suites, de-lux, dan superior yang dilengkapi dengan meeting room. Lab Hotel berstatus sebagai hotel training, artinya di samping digunakan sebagai hotel praktik bagi mahasiswa juga digunakan dikomersialkan.

PROFIL LULUSAN

Mampu menjadi teknisi ahli madya pariwisata yang mampu melakukan pekerjaan di bidang perhotelan pada perusahaan hotel dan/atau restoran yang sesuai dengan standar dan prinsip‐prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang perhotelan, melalui komunikasi dalam bahasa internasional, proses penganalisisan usaha hotel/ restoran mulai dari reservation, reception, telephone operator, housekeeping, F&B production, F&B service, MICE, maketing, cost controll dengan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi dan keahlian interpersonal

DOSEN & MATA KULIAH DIAMPU

Dosen Program Studi Diploma 3 Perhotelan telah memiliki pendidikan S2/S3. Di samping itu para dosen juga memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidangnya yang menunjukkan keahlian mereka dalam memberikan perkuliahan. Adapun kompetensi yang telah dimiliki oleh para dosen terdiri atas: sertifikat asesor front office, housekeeping, food production, management, keuangan, accounting, ekowisata, bahasa Inngris, bahasa Jepang, K3, TIK, dan MICE

DOSEN

VISI PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN

Visi PS D3 Perhotelan Sesuai Renstra PNB dan Renop Jurusan Pariwisata 2015-2019

Menjadi pusat pendidikan vokasi unggulan bidang perhotelan yang inovatif, adaptif serta berdaya saing internasional pada tahun 2025”.

Visi PS D3 Perhotelan mengandung unsur yaitu pusat pendidikan vokasi, unggul, inovatif, adaptif dan berdaya saing Internasional. Penjabarannya sebagai berikut:

  1. Pusat pendidikan vokasi dimaknai sebagai program studi yang menyelenggarakan pendidikan keahlian terapan (applied science) pada bidang perhotelan yang menjadi acuan oleh berbagai program studi sejenis dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.
  2. Inovatif dimaknai sebagai program studi yang selalu berusaha memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan di masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. Adaptif dimaksudkan sebagai program studi yang sangat fleksibel, cepat, antisipatif dan bijak dalam mengadopsi perubahan dan perkembangan lingkungan serta teknologi yang terjadi di masyarakat dan industri.
  4. Berdaya saing internasional yang berarti lulusan PS D3 Perhotelan memiliki kompetensi dalam bidang perhotelan yang berstandar internasional serta  mendapat pengakuan industri dan perguruan tinggi berbagai negara.

 

MISI PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN

Misi PS D3 Perhotelan Sesuai Renstra PNB dan Renop Jurusan Pariwisata 2015-2019 adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang perhotelan yang unggul, bertaraf internasional melalui pengembangan ilmu pariwisata secara berkelanjutan.
  2. Secara aktif menyelenggarakan kegiatan penelitian terapan bidang perhotelan untuk menghasilkan karya inovatif untuk menyelesaikan masalah-masalah bidang perhotelan.
  3. Secara aktif melaksanakan pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian di bidang perhotelan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat maupun industri
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan pemerintah, industri Perguruan Tinggi lain asosiasi (baik dalam dan luar negeri), alumni, dan ikatan orang tua mahasiswa (IOM).
  5. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang berintegritas, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

 

Misi PS D3 Perhotelan dijabarkan sebagai berikut:

        Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Program Studi; dengan program utama peningkatan kualitas lulusan dan pengembangan program studi. Peningkatan Kualitas Penelitian Terapan, dengan program utama peningkatan kualitas  dan  kuantitas  penelitian,  peningkatan tindak  lanjut hasil penelitian terapan dalam bentuk publikasi dan peningkatan pemanfaatan  hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Peningkatan   Kualitas   Pengabdian   Kepada   Masyarakat,   dengan program utama: peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian, peningkatan tindak  lanjut  hasil pengabdian  dalam bentuk  publikasi, dan peningkatan peran masyarakat dalam pengabdian. Memperluas Jaringan Kerjasama, dengan mengembangkan program-program kerjasama pendidikan, penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dengan berbagai perguruan tinggi, pemerintah, industri maupun asosiasi.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI PERHOTELAN

Tujuan PS D3 Perhotelan Sesuai Renstra PNB dan Renop Jurusan Pariwisata 2015-2019 adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pendidikan vokasi perhotelan berkualitas, guna menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri, inovatif, adaptif  terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Mewujudkan penelitian berbasis green tourism yang inovatif dan aplikatif dalam bidang perhotelan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perhotelan yang berkualitas untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mewujudkan kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan pemangku kepentingan.
  5. Mewujudkan tata kelola program studi yang berintegritas, transparan, dan akuntabel guna menunjang efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.

Tujuan tersebut   merupakan satu kesatuan dengan visi dan misi, sehingga setiap butir tujuan merupakan petunjuk arah pencapaian sasaran dengan indikator kinerja yang terukur. Setiap indikator kinerja merupakan indikasi kuantitatif pencapaian secara keseluruhan

 

SASARAN PROGRAM STUDI D3 PERHOTELAN

Sasaran PS D3 Perhotelan

Pencapaian visi, misi dan tujuan PS D3 Perhotelan dalam kurun waktu 2015-2019 tertuang dalam Rencana Operasional Jurusan Pariwisata tahun 2015-2019 dengan indikator-indikator pencapaiannya. Adapun sasaran program studi sebagai:

  1. Peningkatan mutu kinerja akademik
  1. Ratio Student in take tahun 2018 sebesar 1:3,8, maka pada tahun 2019 target ratio student in take adalah sebesar 1:4.
  2. Waktu tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan pertama untuk tahun 2018 adalah 0,5 bulan, dan pada tahun 2019 waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama ditargetkan menjadi 0,4 bulan.
  3. Kurikulum mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan ASEAN Common Competency Standards for Tourism Professional (ACCSTP).
  4. Rata-rata IPK lulusan pada tahun 2018 adalah 3,6 dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 3,65.
  5. Masa studi maksimum 3 tahun.
  6. Lulus Uji Sertifikasi Kompetensi di bidang Pariwisata dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada tahun 2019 ditargetkan sebesar 100%
  7. Bahan ajar berorientasi pada kualitas berstandar nasional dan internasional (KKNI, ACCSTP) sudah mencapai 100% pada tahun 2018.
  8. Dosen berkualifikasi S3 pada tahun 2018 sebanyak 2 orang dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 3 orang
  9. Dosen bersertifikat pendidik pada tahun 2018 adalah 23 orang dari 24 orang dosen (95,83%) dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 23 orang (100 %) (seorang dosen pensiun pada tahun 2019).
  10. Dosen bersertifikasi kompetensi sebanyak 23 orang dari 24 orang dosen (95,83%) dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 23 orang (100%) karena satu orang dosen pensiun pada tahun 2019
  1. Peningkatan mutu kinerja penelitian terapan di bidang pariwisata dengan kriteria sebagai berikut:
  2. Persentase dosen dengan publikasi penelitian tingkat nasional pada tahun 2018 adalah sebesar 29% dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 35%.
  3. Persentase dosen dengan publikasi penelitian tingkat international pada tahun 2018 adalah sebesar 37,5% dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 40%.
  4. Persentase dosen melakukan penelitian sebesar 100%.
  5. Persentase dosen yang memenangkan hibah kompetisi penelitian sebesar 3 jadi 5 44%. 10 hibah (standar 7 – Pk Darma Oka)
  6. Peningkatan mutu kinerja pengabdian pada masyarakat dengan kriteria sasaran sebagai berikut:
  7. Persentase dosen melakukan pengabdian berbasis IPTEKS sebesar 100%.
  8. Jumlah hibah pengabdian yang dimenangkan pada tahun 2018 sebanyak 11 hibah dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 12 hibah.
  9. Jumlah publikasi pengabdian nasional pada tahun 2018 sebanyak 2 orang dan pada tahun 2019 ditargetkan menjadi 3 orang. (standar 7 – pk Darama Oka)

 

Strategi pencapaian:

  1. Mengembangkan kurikulum Program Studi Perhotelan yang berbasis kompetensi mengacu kepada level kompetensi internasional.
  2. Mengembangkan dan menerapkan SOP bagi civitas akademika yang melakukan kegiatan di semua lab.
  3. Mengembangkan fasilitas pendidikan berupa kelas, lab, dan hotel pendidikan yang berstandar internasional.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan program studi perhotelan untuk bisa bersaing pada level internasional.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang keahliannya.
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas karya ilmiah civitas akademika.
  7. Membangun komunikasi dengan stakeholder pada level nasional dan internasional untuk meningkatkan kerjasama.
  8. Mengembangkan program kegiatan mahasiswa yang dapat meningkatkan jiwa wirausaha.
  9. Mengembangkan ragam kegiatan mahasiswa untuk meningkatkan kemandirian, kerjasama tim dan memenangkan kompetisi nasional dan internasional.
  10. Meningkatkan fasilitas kerja dosen dan tenaga kependidikan program studi.
  11. Meningkatkan sistem pelayanan yang berkualitas untuk civitas akademika.
  12. Mengembangkan media komunikasi antara seluruh sivitas akademika program studi.
  13. Mengembangkan sistem keuangan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
  14. Mengembangkan manajemen program studi yang good governance.

Mengembangkan manajemen sumber daya fisik yang memadai dan ramah lingkungan.

 

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI PENDIDIKAN/PENGAJARAN

Pembelajaran bagi mahasiswa PS Perhotelan PNB dilakukan dengan mensinergikan antara teori dan praktik. Perbandingan antara teori dan praktik adalah 43%:57%

MHS PRAKTEK

MHS PRAKTEK 1

MHS PRAKTEK 2

Aktivitas Mahasiswa pada saat praktek di Restoran

PENELITIAN

Penelitian dilakukan para dosen terkait dengan bidang yang diampu sehingga mampu menunjang keahlian dalam mentransfer pengetahun kepada mahasiswa. Adapun hasil peneitian yang dimaksud antara lain: Pengembangan model pembelajaran Tata Hidangan berbasis multimedia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi Perhotelan Politeknik Negeri Bali; Penerapan system GSA dan konvensionalKantor Depan dalam memberikan layanan berkualitas pada hotel berbintang; Excellent Service Di Kantor Depan Hotel Sebagai Strategi Membentuk Loyalitas Konsumen; Ramah lingkungan dari kamar hotel Menggunakan pesan dengan presumed consent untuk mendorong pemakaian linen lebih dari sehari; Pengujian Perangkat Lunak Sistem Penilaian Mahasiswa pada Politeknik Negeri Bali Menggunakan Metode Black Box; The Opportunities and Threats of Balinese Women Working on Cruise Ships; Global-local on Environment Certification at Five Star Hitel in Tourism Area of Nusa Dua Bali; The Marginalization of Local Labor in Interbnational Chain Hotel; Managing Crime and Security Theraets: Towards Sustainable Villa Industry In Badung Regency, Bali; Pembangunan Pariwisata yang Efektif dan Efisien dalam Mengembangkan Pariwisata Provinsi Bali, dll.

PENGABDIAN MASYARAKAT