Pengabdian Masyarakat Jurusan Pariwisata 2015

seranganPengabdian masyarakat dilakukan oleh segenap civitas akademika Prodi Perhotelan
di Desa Wisata Serangan Denpasar (Gold Island Restaurant)

Dalam rangka pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, segenap civitas akademika Politeknik Negeri Bali Jurusan Pariwisata khususnya Program Studi Perhotelan pada tanggal melaksanakan pengabdian masyarakat di desa Wisata Serangan, Denpasar Selatan (14/11/2015). Kegiatan pengabdian tersebut diikuti dosen dan mahasiswa Prodi Perhotelan. Tujuannya adalah untuk mendekatkan lembaga Politeknik Negeri Bali terhadap masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari keberadaan perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan pariwisata di Desa Serangan.

Dipilihnya Wisata Serangan sebagai tempat untuk melaksakanan pengabdian masyarakat karena Desa Serangan merupakan salah satu destinasi wisata yang masih perlu untuk dibina dalam usaha meningkatkan kunjungan baik oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Desa Serangan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi desa karena memiliki daya tarik wisata yang unik seperti keindahan alam pantai yang berpasir putih serta usaha pelestarian hewan langka penyu. Perekonomian masyarakat desa Serangan adalah dominan dari kegiatan kelautan dan perikanan. Kegiatan perekonomian tersebut terdiri atas berbagai kegiatan terkait dengan bidang perikanan yaitu adanya kelompok nelayan pantai yang menangani terumbu karang, kelompok nelayan yang menangani keramba, dan kelompok nelayan lepas pantai untuk menangkap ikan di laut lepas.

Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar masyarakat Desa Serangan khususnya ibu-ibu PKK mampu mengolah hasil tangkapan ikan para nelayan setempat sehingga mampu meningkatkan nilai jual. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan secara professional, sehingga belum mampu memberikan manfaat maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian masyarakat lokal dapat merasakan secara langsung manfaat dari pengembangan pariwisata di daerahnya sehingga muncul kesadaran (awareness) untuk ikut aktif dalam mendukung pengembangan pariwisata di Desa Serangan.

About the Author

Leave a Reply

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.