Jurnal IJASTE dan IVENDO Bekerja sama dalam Pengembangan Publikasi Internasional Pariwisata dan Event

Kabar bagus untuk pewacanan keilmuan bidang pariwisata dan event: IJASTE (International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events) sudah melakukan kerja sama dengan IVENDO (Indonesia Event Industry Council) sebagai asosiasi event di Indonesia pada bulan Februari 2022. Pertemuan pertama dengan IVENDO DPD Bali berjalan dengan lancar dan mencapai kesepakatan untuk pertemuan selanjutnya dengan Dewan Pengurus Pusat IVENDO (DPP IVENDO). Hal ini sangat potensial menyempurnakan perkembangan jurnal-jurnal pariwisata di lingkungan Politeknik Negeri Bali.

Pertemuan pertama IJASTE dengan IVENDO DPD Bali (Dewan Perwakilan Daerah Bali) berlangsung di kantor JP Pro yang beralamat di Taman Ubesari, Jalan Hayam Wuruk No 111, Denpasar pada Rabu 9 Februari 2022. Pada pertemuan pertama ini Editor In-Chief IJASTE menyampaikan maksud kedatangan tim IJASTE ke IVENDO DPD Bali, yaitu untuk permohonan dukungan dan kerjasama terkait publikasi ilmiah tentang Event. Sebagai publikasi ilmiah popular tentang event di Indonesia, IJASTE membutuhkan dukungan dari asosiasi yang bergerak pada bidang event guna memberikan arahan dan kerja sama terkait isi/konten artikel yang akan diterbitkan. Hal ini disambut baik oleh Ketua IVENDO DPD Bali.

Faktanya, IVENDO sebagai asosiasi event di Indonesia eksis dari tahun 2018 dan telah memberikan dampak positif pada perkembangan event di Indonesia seperti memberikan pelatihan dalam mengelola event, terlibat dalam penyusunan CHSE, mengadakan sertifikasi kompetensi bidang MICE, dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan itu, peran IVENDO selaras dengan tujuan IJASTE yang merupakan sebuah wadah publikasi artikel ilmiah internasional dengan fokus penelitian tentang pariwisata dan event. Reviewer dan penulis artikel berasal dari berbagai negara dan bahkan tidak terbatas pada akademisi namun juga dari para praktisi pariwisata dan event.

IVENDO DPD Bali memiliki harapan agar pengelola IJASTE sebagai akademisi, di antaranya yang terpenting saat ini adalah, membantu dalam mengkaji dan mengumpulkan data terkait penurunan dan kerugian event yang ditimbulkan akibat pandemic Covid-19. Kemudian dibutuhkan juga mengkaji fenomena event organizer dari Jakarta yang membawa peralatan produksi dari Jakarta tanpa melibatkan vendor Bali selain mengkaji kualitas dari sumber daya yang dimiliki Bali, baik sumber daya manusia dan ketersediaan supplier event yang berkualitas. Tujuan dari kajian ini diharapkan industri event di Bali menjadi sustainable terhadap kesejahteraan masyarakat Bali. Tentu diharapkan agar nantinya para penggiat industri pariwisata dan event bersaing pada kualitas bukan pada harga dan berbisnis dengan memperhatikan asas etika bisnis.

Dengan bantuan dari IVENDO DPD Bali, pertemuan kedua IJASTE dengan DPP IVENDO terselenggara secara daring (dalam jaringan) pada Rabu 16 Februari 2022. Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua Umum IVENDO dan Sekretaris Jendral IVENDO sebagai perwakilan IVENDO Pusat, Ketua IVENDO DPD Bali, Sekretaris Jurusan Pariwisata, Ketua Forum Ilmiah Jurusan Pariwisata dan tim IJASTE (editor in-chief dan co-editor in-chief). Dalam pertemuan ini kembali dibahas maksud dan tujuan kerjasama IJASTE dengan IVENDO dalam pengembangan keilmuan event pada publikasi ilmiah IJASTE. Dalam pertemuan ini, Sekjen IVENDO menyampaikan bahwa tujuan kerjasama kali ini sejalan dengan VISI MISI IVENDO yaitu pengembangan keilmuan event di akademisi. IVENDO memiliki IVENDO Academy yang berkerja sama dengan kampus atau perguruan vokasi untuk mengadakan pelatihan tentang event seperti pelatihan materi protokol, sertifikat kompetensi MICE, sertifikasi CHSE, sertifikasi K3 + CHSE, dan sebagainya. Diharapkan dengan adanya IVENDO Academy ini mahasiswa memiliki sertifikat keahlian/komptensi selain Ijazah setelah tamat dari kampus. Materi yang diberikan oleh IVENDO Academy adalah materi yg tidak diberikan di perkuliahan sehingga mahasiswa diharapkan mampu memahami event sebagaimana event organizer professional. Beberapa materi yang harus dipahami mahasiswa tentang event adalah event production, show management, event logistics, protokoler, dan divisi kreatif.

Ketua Umum IVENDO merasa senang dan bersyukur dengan kerjasama ini karena IVENDO memiliki tanggung jawab moril asosiasi yaitu pengembangan SDM. “Pengembangan SDM, baik SDM yang sudah ada sekarang yang terjun di dunia event dan MICE maupun SDM 5 hingga 10 tahun kedapan harus lebih baik dari SDM yang sekarang. IVENDO juga punya program” pelatihan,seminar, bimtek dan lainnya, kami sangat senang kalau ada pihak-pihak dari akademisi yang membantu untuk mengkaji atau meneliti atau melakukan penelitian karena kami dari dunia usaha kurang kompeten untuk melakukan penelitian tersebut”. Dari pernyataan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kerjasama antara IVENDO dengan Politeknik Negeri Bali akan semakin meluas tidak hanya tentang publikasi ilmiah (IJASTE).

Sebagai bukti kerjasama IVENDO dengan IJASTE maka Ketua Umum IVENDO, mengizinkan IJASTE untuk mencantumkan nama lembaga dan logo lembaga pada tampilan (visual) depan jurnal IJASTE. Selanjutnya kerjasama lebih lanjut akan kembali dibahas dengan pembuatan MOU dan MOA antara IVENDO dengan IJASTE. [Trisnayoni].

About the Author

Leave a Reply

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id Bahasa Indonesia
X