Magister Terapan Pariwisata PNB Gelar Green Tourism Internasional Seminar & Entrepreneurship Expo

Green Tourism Internasional Seminar & Entrepreneurship Expo (GTISEE) 2022

Magister Terapan Perencanaan Pariwisata, Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali, menggelar Seminar Internasional 2022, “Green Tourism Internasional Seminar & Entrepreneurship Expo” (GTISEE) 2022. Acara seminar tersebut berlangsung secara hybrid selama dua hari, dari tanggal 30 sampai 31 Mei 2022 di Gedung Widya Padma Politeknik Negeri Bali.

Seminar Internasional diikuti oleh 500 orang lebih, baik secara langsung maupun secara virtual dengan system hybrid, menghadirkan narasumber atau pembicara internasional dan Nasional begitu juga lokal Bali, Pembicara internasional berasal dari Inggris, Perancis, Rumania, India, Singapura, Australia, dan sebagainya, serta para praktisi dan akademisi terkemuka yang akan mempresentasikan hasil riset mutakhir dan perjalanan bisnisnya. Acara ini juga dirangkaikan dengan entrepreneurship expo yang dihadiri oleh 20 UMKM lokal dan juga dari mahasiswa teknik Politeknik Negeri

Dalam pembukaan GTISEE 2022 dihadiri langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster, serta hadir secara daring Menparekraf Sandiaga Uno sekaligus dengan membawakan materi seputar tema seminar internasional kali ini dengan judul Green and Sustainable Tourism Policy and Implementation.

Gubernur Bali Wayan Koster yang membuka kegiatan ini, sangat berharap nantinya melahirkan satu rekomendasi atau pokok-pokok pikiran yang bisa membawa pariwisata, sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Bali, agar tidak menjadi rumusan teoritis yang tidak bisa dilaksanakan di lapangan.

Supaya ini menjadi bagian daripada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Politeknik, baik itu pendidikan, pengabdian maupun penelitian untuk pembangunan di Bali,” kata Gubernur Bali Wayan Koster.

Politeknik Negeri Bali sebagai perguruan tinggi vokasi tidak boleh berkontribusi setengah-setengah tetapi harus total kontribusinya. “Gubernur Bali sudah berkali-kali menyampaikan dukungannya kepada kami Politeknik Negeri Bali, demikian juga Menparekraf memberikan dukungan bagaimana nanti upaya-upaya kita supaya pariwisata ini benar-benar green. Bagaimana kolaborasi kita dengan desa wisata, dengan BumDes yang ada di Provinsi Bali ini kita kuatkan sehingga semangat yang ada di masyarakat pelaku-pelaku pariwisata dan UMKM juga perilakunya green,” papar Nyoman Abdi.

Sementara untuk mendorong para pelaku UMKM ataupun menumbuhkan minat wirausaha para peserta demi pertumbuhan ekonomi kami mendatangkan narasumber pebisnis muda Bali Maharani Kemala selaku Founder MS Glow dan Urban Company. GTISee direncanakan berkesinambungan diadakan setiap tahun dan tahun depan direncanakan diadakan pada peringatan hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2023 mendatang.

About the Author

Leave a Reply

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id Bahasa Indonesia
X